Selasa, 22 Juli 2008

FILSAFAT UMUM

Makna tentang philos, shopos, philein dan shopia

  • Kata filsafat berasal dari yunani, yaitu philosophia yang terdiri dari dua suku kata yakni philos yang berarti cinta, atau philia yang berarti persahabatan dan kata sophos yang berarti inteligensi, kebijaksaan, keterampilan, pengalaman dan pengetahuan.
  • Imam bernadib menganggap bahwa kata philosopia dan philosophos. Kata ini terambl dari kata philos dan sophia atau philos dan shopos. Philos berarti cinta dan sophia atau sophos berarti kabijaksanaan
  • M. Rasjidi dan Harifudin Cawidu menyatakan bahwa falsafah berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata philoshopia yang terambil dari asal kata philo atau philein yang berarti cinta (loving) dan shopia yang berarti pengetahuan, kebijaksanaan (hikmah atau wisdom). Jadi philosophia artinya cinta kabijaksanaan.
  • Menurut Ali Mudharif ada dua arti secara etimologi dari kata filsafah, pertama filsafah mengacu kapada kata philien dan sophos maka ia berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (ia menjadi sifat), kedua, apabila filsafat mengau pada asal kata philos dan shopia maka ia berarti teman kebijasanaan (filsafat menjadi kata benda).

Manfaat Belajar Filsafat

Menurut saya Filsafat adalah ilmu pasti dan ilmu alam yang dapat di cerna akal manusia, di aplikasikan secara akademis melalui cara berfikir, bertindak. Sehingga menghasilkan sebuah kebenaran yang sistematis dan tidak meniti kepada probabilitas (Kemungkinan) atau proposisi yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.

Tidak ada komentar: